Selamat Datang di:
www.PuisiKita.Com

PuisiKita
--> Kirim Karya Puisi Anda di Sini

23/09/2007

M. Quraish Shihab: Kumpulan tanya jawab mistik, seks, dan ibadah

Buku ini adalah bundel dari tanya-jawab agama di harian Republika. Membaca buku ini seperti melihat berbagai persoalan kompleks, susah-susah mudah untuk dijawab oleh para ulama. Kadang terlihat seperti pertanyaan-pertanyan kebanyakan dan aneh. Mulai dari oral seks, kencing berdiri, pacaran, cerai, kematian jin sampai teknis zakat ada juga yang menanyakan.
Untuk menyederhanakan atau mengambil intisari dari buku ini cukup sulit, karena memang buku ini menyajikan multikulturalisme-islam, persoalan yang sedemikian banyaknya dan bermacam-macam, diminta rujukan jawaban kepada pak Quraish Shihab sebagai salah seorang ahli untuk kemudian dijawab.
Tampaknya memang kompleks sekali persoalan yang dialami umat Islam itu, lihat saja dalam pertanyaan seputar bisnis dan ekonomi, ada yang bertanya tentang pembangunan diskotik, mengelola koperasi, hukum beternak cacing dan kucing, bisnis katak dan kepiting, bermain saham, bunga deposito; atau juga dalam hal gaya hidup seperti hobi tanaman bonsai, cat rambut, tato, memanjangkan jenggot dll, belum lagi hal-hal lain seperti nur Muhammad dan mengenai syekh Abdul Qadir Jilani.
Mengenai ibadah ada kumpulan pertanyaan mengenai warisan, teknis zakat, haji, mazhab, hubungan mengenai non-muslim dan bahasan Al-quran dan Hadis. Tentang tafsir Al-quran tampaknya kapabilitas pak Quraish ini sudah sedemikian mumpuni. Bayangkan tafsir yang berjilid-dilid itu telah ditulisnya….
Tapi yang jelas tulisan-tulisan Quraish Shihab, seperti kata pengantar penerbit sesuai dengan wataknya terkesan rendah hati dan tidak menggurui, sehingga mengena di hati. Tidak terkesan memaksakan kehendak, seperti yang dilakukan oleh beberpa pihak.
Dan bagi yang ingin melihat foto Pak Quraish lagi senyum juga dapat dilihat pada cover depannya. Jangan dikira Pak Quraish lagi narsis….

Judul : Kumpulan tanya-jawab Qurasis Shihab, mistik, seks dan ibadah
Penulis : Quraish Shihab
Penerbit : Penerbit Republika
Cetakan : Cetakan 1 September 2004, cetakan ke 2 maret 2005
Buku : viii + 186 ; 20,5

No comments:

Post a Comment