Selamat Datang di:
www.PuisiKita.Com

PuisiKita
--> Kirim Karya Puisi Anda di Sini

23/09/2007

Quraish Shihab : Lentera Hati, kisah dan hikmah kehidupan

Saya mengenal Quraish Shihab melalui bukunya Lentera hati. Pertama kali membaca buku ini saya tertarik dengan isi yang disampaikannya. Terasa membumi, tidak menggurui, tidak memaksa tapi menyajikan fakta-fakta di depan kita. Seolah kita diajak merenung dan disuruh mengambil kesimpulan bebas, walau kita tahu kesimpulan itu adalah mungkin sama dengan yang dimaksud dengan keinginan sang penulis.
Isi buku ini terdiri dari artikel-artikel yang dibagi menjadi tujuh bagian. Tiap bagian berisikan sekitar 17-25 artikel, secara keseluruhan ada 146 buah artikel.
Bagian-bagian dari artikel ini masing-masing berjudul
- Memahami petunjuk agama.
- Memahami takdir Allah.
- Memahami makna shalat kita.
- Memahami potensi ruhaniah.
- Memahami masalah-masalah di sekitar kita.
- Memahami kecendikiawanan dan kepemimpinan.
- Memahami kesatuan sumber agama.
Dari judul kepala pembagian artikel ini dapat dilihat bahwa Pak Quraish berusaha untuk memberikan kita pemahaman. Tujuan dari pemahaman ini sebenarnya, untuk menjawab pertanyaan mendasar dari pilihan tindak tanduk manusia yang bebas dalam melakukan kegiatannya.
Tulisan-tulisan Pak Quraish Shihab ini terasa sebagai paparan dan memberikan ilmu, bukan menyuruh atau memaksa atau terkesan mendoktrin. Inilah mungkin sebagian kelebihan dari karya-karya manusia ini.
Pertanyaan “Why” yang coba dibahasnya ini kebanyakan memang merupakan pertanyaan esensi dalam menjalankan sebuah perbuatan. Manusia akan selalu dibebani pertanyaan, “Apa manfaat melakukan hal ini bagi saya?”, sedang di depannya terdapat begitu banyak pilihan tindak-tanduk dan perbuatan. Dan semoga sebagian dari pertanyaan mendasar, sederhana tapi esensial ini dapat terjawab di buku ini.
Menurut pandangan saya dan mungkin sebagian besar orang, Pak Quraish ini juga berpandangan cukup plural, tampaknya beliau juga meninjau asal musabab perilaku, dan selain dari sisi agama ada juga corak filsafat di dalamnya.

Buku-buku Pak Shihab yang lain antara lain adalah: Kumpulan Tanya Jawab Quraish Shihab, mistik, sex, dan ibadah; Logika Agama; Dia Dimana-mana; Perjalanan Menuju Keabadian; Perempuan; Wawasan Al-quran; Membumikan Al-quran; Wawasan Al-quran tentang zikir dan doa; serta Tafsir Al-mishbah.

Data Buku
Pengarang : M. Quraish Shihab
Judul : Lentera Hati, kisah dan hikmah kehidupan
Buku : 456 hal, 18 cm
Penerbit : Mizan
Cetakan : Pertama, Februari 1994
: Keduapuluh, April 2000 (yang menjadi rujukan tulisan ini)
: Cetakan sekarang tampaknya ada yang dicetak lagi…, mungkin sudah sampe ke 50 :)

3 comments:

Anonymous said...

saya sedikit membaca bagian awalnya, rasanya benar2 jatuh hati ingin memilikinya dan membacanya sampai tuntas... benar2 bermanfaat.. dan patut untuk dibaca, InsyaALLAH mencerahkan hati.

feyawa said...

nice book. InsyaALLAH bermanfaat.

Yoshikuni Akira said...

saya bisa dapatkan buku itu dmn ya?
kawan saya lagi mencari buku itu.
Tlg jika masih ada atau yg berniat memberi / menjualnya ke saya, infonya dikirim ke email saya yorry.arif@gmail.com
Lokasi saya di Jakarta Selatan.
Thx.

Post a Comment