Selamat Datang di:
www.PuisiKita.Com

PuisiKita
--> Kirim Karya Puisi Anda di Sini

24/06/2008

Puisi Cinta Chairil Anwar, Puisi cinta yang penuh gelora (2)


Sebelumnya telah saya bahas mengenai puisi-puisi cinta Chairil Anwar yang berlatar cinta yang menggebu-gebu dan cinta yang diselipi kekecewaan. Mungkin anda juga berpikir: Adakah Chairil Anwar mempunyai perasaan romantisme? Ternyata, puisi Chairil pun ada aroma romantismenya, karena dia penyair!. Tapi memang bukan merupakn full version of lirisme seperti yang biasa kita temukan pada puisi romantis SDD.

Dibawah ini ada dua taste lagi dari puisi Cinta Chairil Anwar, pertama adalah romantisme dan kedua adalah kesedihan cintanya. Tapi di setiap bagian itu pembaca/penyimak akan tetap mengenali ciri khas Chairil Anwar… herois dan liar.



Puisi Cinta Chairil Anwar Yang Mesra



TAMAN

Taman punya kita berdua
tak lebar luas, kecil saja
satu tak kehilangan lain dalamnya.
Bagi kau dan aku cukuplah
Taman kembangnya tak berpuluh warna

Padang rumputnya tak berbanding permadani

halus lembut dipijak kaki.

Bagi kita bukan halangan.

Karena

dalam taman punya berdua

Kau kembang, aku kumbang

aku kumbang, kau kembang.

Kecil, penuh surya taman kita

tempat merenggut dari dunia dan ‘nusia


Maret, 1943


Romantis sekali bukan terdengarnya? Seperti yang biasa terlukis pada mimpi-mimpi pasangan muda yang baru saja menikah. Memiliki dunia berdua, membangun sebuah rumah mungil, keluarga yang sederhana tetapi ada kedekatan jarak satu sama lain…. Hmm, Ahmad Albar bilang: Lebih baik di sini rumah kita sendiri…


LAGU BIASA

Di teras rumah makan kami kini berhadapan
Baru berkenalan. Cuma berpandangan

Sungguhpun samudra jiwa sudah selam berselam


Masih saja berpandangan

Dalam lakon pertama

Orkes meningkah dengan “Carmen” pula.


Ia
mengerling. Ia ketawa
Dan rumput kering terus menyala

Ia berkata. Suaranya nyaring tinggi

Darahku terhenti berlari


Ketika orkes memulai “Ave Maria”

Kuseret ia ke sana…


Maret 1943


Terlihat bukan, betapa jiwa Chairil pun bergolak pada pandangan pertama. Dari mata turun ke hati, lalu “klik”. Dan bagian selanjutnya; Ia mengerling // Ia ketawa // dan rumput kering terus menyala… Chairil, sungguh pintar di sini, biasanya seseorang yang melihat gadis manis dan ia jatuh hati akan menghadapi dua kemungkinan, hatinya bergetar atau nafsunya (baca: anunya) menggelegak, ia malah memakai metafora “dan rumput kering terus menyala”. Rumput apa rumput, Bang??!!

Sekarang ada puisi yang lebih aneh lagi, Chairil sendiri memberikan judul “Sajak Putih” seolah dia sendiri tahu bahwa sajak-sajaknya berwarna warni, dan dia juga menjudge sendiri bahwa sajak yang satu ini sebuah sajak yang berwarna putih…


SAJAK PUTIH

buat tunanganku Mirat

bersandar pada tari warna pelangi
kau depanku bertudung sutra senja

di hitam matamu kembang mawar dan melati

harum rambutmu mengalun bergelut senda


sepi menyanyi, malam dalam mendoa tiba
meriak muka air kolam jiwa

dan dalam dadaku memerdu lagu

menarik menari seluruh aku


hidup dari hidupku, pintu terbuka
selama matamu bagiku menengadah

selama kau darah mengalir dari luka

antara kita Mati datang tidak membelah…


Buat miratku, Ratuku! kubentuk dunia sendiri,

dan kuberi jiwa segala yang dikira orang mati di

alam ini!

Kucuplah aku terus, kucuplah

Dan semburkanlah tenaga dan hidup dalam tubuhku…


18 Januari 1944


So sweet….! Diawali oleh rayuan dan puji, ditengahi dengan janji sehidup semati yang bahkan kematian pun tak mampu memisahkan, lalu diakhiri dengan pengakuan cinta adalah untuk saling memberi dan menerima. Cinta ideal begitu tergambar di sini.


Puisi Cinta Chairil Anwar Yang Sedih
Sekarang kita beranjak pada puisi cinta Chairil Anwar yang beraroma kesedihan. Yang pertama adalah sajak tentang perpisahan. Sajak tentang perpisahan yang diakibatkan karena; “sebentar kita sudah dalam sepi lagi terjaring”. Padahal puisi ini ditujukan pada “dia” yang telah diambilnya berdasarkan pilihan bebas Chairil, bait ini menjelaskannya; “ku pilih engkau dari yang banyak”. Tampaknya, meskipun telah mendapat pendamping yang dimauinya, sepi masih saja menggelayuti kehidupan. “Nasib adalah kesunyian masing-masing”.


PEMBERIAN TAHU

Bukan maksudku mau berbagi nasib,
nasib adalah kesunyian masing-masing.

Kupilih kau dari yang banyak, tapi

sebentar kita sudah dalam sepi lagi terjaring.

Aku pernah ingin benar padamu,

Di malam raya, menjadi kanak-kanak kembali,


Kita berpeluk cium tidak jemu,

Rasa tak sanggup kau kulepaskan.

Jangan satukan hidupmu dengan hidupku,

Aku memang tidak bisa lama bersama

Ini juga kutulis di kapal, di laut tak bernama!


1946


Ada dua buah lagi puisi dari perasaan hati yang sedih, karya Chairil Anwar:


HAMPA

kepada Sri yang selalu sangsi

Sepi di luar, sepi mendesak-desak
Lurus-kaku pohonan. Tak bergerak
Sampai ke puncak

Sepi memagut

Tak suatu kuasa-berani melepaskan diri

Segala menanti. Menanti-menanti.

Sepi.

Dan ini menanti penghabisan mencekik

Memberat-mencengkung punda

Udara bertuba

Rontok-gugur segala. Setan bertampik

Ini sepi terus ada. Menanti. Menanti.


Maret 1943


SENJA DI PELABUHAN KECIL

buat Sri Ajati

Ini kali tidak ada yang mencari cinta
di antara gudang, rumah tua, pada cerita
tiang serta temali. Kapal, perahu tiada berlaut
menghembus diri dalam mempercaya mau berpaut.


Gerimis mempercepat kelam. Ada juga kelepak elang

menyinggung
muram, desir hari lari berenang
menemu bujuk pangkal akanan. Tidak bergerak
dan kini tanah dan air tidur hilang ombak.

Tiada lagi. Aku sendiri. Berjalan
menyisir semenanjung, masih pengap harap
sekali tiba di ujung dan sekalian selamat jalan
dari pantai ke empat, sedu penghabisan bisa terdekap.

1946


Dua puisi di atas, adalah puisi tentang kesepian. Puisi tersebut ditujukan pada nama yang sama. Padahal rentang waktu kepenulisan Chairil diantara kedua puisi ini cukup lama,1943 dan 1946. Ini menandakan si Sri di sini benar-benar mampu memberikan rasa cinta padanya, sekaligus bonus perasaan sepi.
Dua puisi tersebut sebangun, namun pada puisi kedua curhat itu lebih implisit. Dia tidak banyak menggunakan kata sepi dan menanti lagi, bahkan juga metafora yang keras seperti puisi pertama: udara bertuba. Pada puisi kedua, ia hanya menggambarkan perasaan melalui lukisan tentang pelabuhan kecil di sore hari.
Beda lainnya, pada puisi pertama secara gamblang ia menulis “buat Sri yang selalu sangsi”, sedang yang kedua “buat Sri Ajatun”. Yang pertama, ada terlukis suatu tudingan. Yang kedua, lebih sebagai rasa kepasrahan. Capai menunggu?
Puisi yang kedua itu merupakan favorit saya, polanya lebih tertata rapi dan lebih liris.

Puisi Chairil Anwar memang, kaya warna. Hampir diseluruh puisnya, baik itu di dalam puisi perjuangan/herois, puisi cinta atau pun puisi tentang pandangan kegamaan, akan terlihat ada gelora di seluruh puisinya. Ada “rasa kental” di setiap puisinya, jejak kehidupannya, maklumlah…. Kan Chairil itu Penyair….

33 comments:

timur matahari said...

salam kenal...
apresiasi yang bijak
salut

Pangeran said...

Maaf Mas Raka,sebaliknya kalau bagi saya justeru Hampa-nya Chairil itu puisi terbaiknya.
Singkat tapi padat dan tajam menghujam ke jiwa.

Anonymous said...

mengagumkan,,,
apa lagi puisi karangan krikil2 tajam

puput said...

puisi nya semuanya amat bagus, salut banget gw. cayo ya.....

butterfly said...

apa yg kita tau kenangkan,lupakan...
yang bukan penyair tidak ambil bagian...

Anonymous said...

luar bisa,...
jd mrinding membacanya,..

REZA said...

BEST MASTER INDONESIAN THEATRE.....
IMAJINASIMU ADALAH SENYUM BANGGA INDONESIA....

Anonymous said...

best...................friend

poeneglix said...

ku terkesan karna bgtu mgahnya kerya chairil anwar

anak hilang said...

syairnya sangat indah,bagus....
bisa jadi tuntunan hidup untuk ke depannya..

m.yus said...

soon is verry good thaks for postnya,,, I like that.....
seru dan menyenangkan

loveHistiris said...

menakjupkan kharil anwar memang

http://foto-sarah-azhari-bugil.blogspot.com said...

foto sarah azhari bugil dan koleksi foto dan video bugil lainnya...

http://foto-sarah-azhari-bugil.blogspot.com/

http://foto-sarah-azhari-bugil.blogspot.com/

http://koleksi-foto-bugil-hot.blogspot.com/

http://koleksi-foto-bugil-hot.blogspot.com/

http://foto-sarah-azhari-bugil.blogspot.com/

http://koleksi-video-bugil-hot.blogspot.com/

http://koleksi-video-bugil-hot.blogspot.com/

http://foto-sarah-azhari-bugil.blogspot.com/

http://koleksi-foto-bugil-hot.blogspot.com/

http://koleksi-foto-bugil-hot.blogspot.com/

http://foto-sarah-azhari-bugil.blogspot.com/

http://koleksi-video-bugil-hot.blogspot.com/

http://koleksi-video-bugil-hot.blogspot.com/

http://foto-sarah-azhari-bugil.blogspot.com/

http://koleksi-foto-bugil-hot.blogspot.com/

http://koleksi-foto-bugil-hot.blogspot.com/

http://foto-sarah-azhari-bugil.blogspot.com/

http://koleksi-video-bugil-hot.blogspot.com/

http://koleksi-video-bugil-hot.blogspot.com/

http://foto-sarah-azhari-bugil.blogspot.com/

http://koleksi-foto-bugil-hot.blogspot.com/

http://koleksi-foto-bugil-hot.blogspot.com/

http://video-sarah-azhari-bugil.blogspot.com/

http://video-sarah-azhari-bugil.blogspot.com/





















.

Anonymous said...

gue suka gaya lo

annisa kurniawan said...

sayee ska bgtt....,,
puisi muu....sngatt indahh

senja said...

setiap coretan yang kluar dri pena chairil ialah tinta kebanggaan indonesia...

wuland amor said...

tiap buka web,, ga lupa liat koleksi karya chairil anwar yang indaaaaaaaahhhhh banget.....
karyanya menginspirasiku....
aku suka sosok chairil anwar.....
the best....

yulia said...

suka banget puisiya chairil anwar....
karena puisiya sngt mnyentuh d hati..... n memri smngt dlm driku....

sri said...

ko ngga ada puisi kesabarann..
payahhh..

Khairun Naim Kesuma said...

makasih ya ..
kelar juga tugas bi gw

daun hijau said...

nulis puisi emang gampang tapi untuk jadi penyair amat sangat sulit

daun hijau said...

semenjak aku mengenal sastra di dunia kampus aku mlai menyukai karya2 sastra termasuk puisi dan aku begitu menggandrungi puisi chairil anwar

daun hijau said...

ilove karya 2chairl anwar aku ingin jdie sastra wan sprti beliau the best chairil anwar

daun hijau said...

karya2 mu begitu indah sampai membekas di hati para pembaca puisi-puisi mu,,,,,,,,,,

Kristina Wulandari said...

OM CHAIRIL I HEART YOU , I LOVE YOU Chairil Anwar is the best ...

Anonymous said...

puisi chairil selalu relevan di semua zaman

haNINA BOBO ! said...

puisinya selalu nyesss di hati :)

Amei Dan Sejarah Hatinya said...

ada..

Anonymous said...

puisi chairil anwar memang masuk ke jiwa jika menghatinya penuh seluru

Anonymous said...

puisiny baguzt.
tugazt b.indonsia kelar

icchxnue said...

thanxz eeea...
b.indonsia'Q udch zlesai,,

deni said...

menamng benar
aku ingin hidup seribu tahun lagi
ini lah karya tak lekang oleh waktu

Lia Susanti said...

wah, pokoknya top banget puisi"nya... salut deh, salam kenal ya, aku pengguna baru di google :)

Post a Comment