Selamat Datang di:
www.PuisiKita.Com

PuisiKita
--> Kirim Karya Puisi Anda di Sini

01/01/2010

SUBAGIO SASTROWARDOYO

Lahir 1 Februari 1924 di Madiun, Jawa Timur. Pendidikannya: tamat Jurusan Sastra Timur Fakultas Sastra dan Kebudayaan Universitas Gadjah Mada. Memperdalam pengetahuannya pada Departerment of Comparative Literature Universitas Yale di Amerika Serikat, dalam bidang teater dan sastra.

Dia pernah mengajar bahasa dan sastra Indonesia di beberapa sekolah menengah di Yogya, pada Kursus B1 Negeri Yogya, pada Jurusan Sastra Timur Fakultas Sastra dan Kebudayaan Universitas Gadjah Mada dan Universitas Pajajaran, Bandung. Dia pun pernah menjadi dosen bidang sosial-budaya pada Seskoad di Bandung, dan pada College of Advance Education dan Flinders University, Adelaide, Australia Selatan. Pernah menjadi direktur muda bidang penerbitan PN Balai Pustaka, Jakarta.

Pada masa mahasiswa, dia aktif dalam kegiatan pentas sandiwara dan berbagai seminar sastra dan budaya. Kariernya dalam bidang seni, dia mulai dari musik dan lukis pada masa revolusi.

Subagio menulis puisi, cerita pendek, esei, dan kritik.

Bukunya yang sudah terbit: Simphoni (1957), Daerah Perbatasan (1970; mendapat Anugerah Seni dari pemerintah Republik Indonesia), Kejantanan di Sumbing (1965), Bakat Alam dan Intelektualisme (1972,) Keroncong Motinggo (1975), dan Sosok Pribadi dalam Sajak (1980). Buku Harian terbit kembali dengan judul Hari dan Hara (1982). Sejumlah karyanya ada dalam Angkatan 66 (1968) susunan H.B. Jassin dan Laut Biru Langit Biru (1977) susunan Ajib Rosidi. Sastra Hindia-Belanda dan Kita (1983) mendapat hadiah Buku Terbaik dari Dewan Kesenian Jakarta (1983).

No comments:

Post a Comment